Genset atau generator set sangat diperlukan sebagai cadangan ketika pasokan listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) terkendala. Bagi penduduk Jawa Timur dan sekitarnya bisa membeli genset di toko terdekat, yaitu toko genset di Surabaya. Sehingga mudah dan bisa cepat ketika mengurus jasa service perbaikannya apabila terjadi kerusakan juga ketika mencari sparepart atau suku cadangnya. Namun sebelum berangkat membeli genset maka perhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Jenis Genset yang akan Dibeli

Setidaknya terdapat tiga jenis genset yang bisa dibeli di pasaran dengan mudah, yakni ada genset open dan genset silent serta genset portable. Genset open adalah yang termurah karena belum dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset peredam suara. Lalu ada genset silent yang telah dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset sebagai peredam suaranya. Ada pula genset portable yang bentuknya lenih ringkas dan telah dilengkapi dengan roda guna memudahkan pemindahannya ke berbagai tempat. Lalu pertimbangkan juga mengenai bahan bakarnya, yaitu akan membeli genset bensin atau genset diesel berbahan bakar solar.

Kapasitas Genset

Genset memiliki kapasitas yang beragam. Mulai dari kapasitas kecil dan sedang untuk perumahan dan perkantoran hingga genset berkapasitas besar untuk gedung yang luas dan besar juga pabrik. Pilih kapasitas genset sesuai kebutuhan. Kapasitas genset dinyatakan dalam satuan ukur kVa (kiloVolt ampere) yang tertulis di badan mesin genset. Hitung terlebih dahulu total kebutuhan listrik dari suatu bangunan. Biasanya dalam satuan ukur watt. Contohnya untuk suatu rumah hitung kebutuhan daya listrik untuk seluruh lampu penerangan yang ada, juga rice cooker, kipas angin, AC (Air Conditioner), dan kulkas, hingga mesin cuci dan hair dryer, juga laptop atau PC (Personal Computer) dan printer, serta pompa air, dan setrikaan, juga oven listrik, kompor listrik, microwave, air purifier, dan berbagai peralatan listrik yang digunakan sehari-hari. Kemudian konversi satuan ukurnya dari watt ke kVa. Acuan konversinya adalah 0,8 kW per kVa atau 800 Watt per kVa.  Pilih genset yang tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar kapasitasnya dengan tingkat kebutuhan daya listriknya, agar mencukupi namun juga tidak terlalu boros.

Merk Genset

Merk ternama bisanya dapat diandalkan kualitasnya di toko genset di Surabaya. Meski harganya juga cenderung lebih mahal. Jika ada merk genset baru dengan kualitas yang sama namun harganya lebih murah tak ada salahnya untuk membelinya. Pastikan genset terbuat dari bahan yang awet dan tahan karat serta persisi ukurannya, serta efisien dan efektif cara kerjanya.

Garansi dan Layanan Purna Jual

Pilih genset yang memberikan garansi paling panjang. Lalu mengingat genset akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang maka pastikan suku cadangnya mudah didapat dan murah serta cepat layanan jasa servicenya jika suatu saat terjadi kerusakan. Anda bisa berkonsultasi dulu di toko genset di surabaya sebelum melakukan pembelian.

Itulah tips dalam memilih genset yang tepat untuk dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *