Sudah jadi rahasia umum bahwa harga kaso baja ringan amat terjangkau, padahal kualitas yang dimilikinya bukan main sebagai rangka atap, pagar, pelapis, hingga pengganti triplek sekalipun.

Kaso baja ringan atau baja ringan sendiri rupanya telah lama ditemukan dan dimanfaatkan sebagai bahan bangunan yang unggul di berbagai aspek.

Sejarah Dunia Baja Ringan

Seluruh penemuan hebat di dunia ini punya sejarah tersendiri yang unik, menggambarkan proses panjang di baliknya untuk menghasilkan produk berkualitas yang dapat bermanfaat di masa depan.

Merangkum dari berbagai sumber, pada tahun 1900-an para pekerja konstruksi mulai mencari cara baru dalam pemanfaatan baja. Proses pembuatan dengan cara digulung hasilnya memuaskan, tetapi mahal dan sulit dipasang.

Inovasi kian direncanakan dan setelah Perang Dunia II dilakukan riset penggunaan baja ringan sebagai elemen bantalan beban dan bantalan tanpa beban. Ditemukan bahwa baja punya kekuatan 20% lebih tinggi dibandingkan baja gulung.

Ketika standar desain hunian Amerika muncul pada tahun 1946, para pekerja mulai beralih menggunakan baja ringan sebagai material bangunan hunian. Selama pertumbuhan ekonomi pada era 1950-1960-an, baja ringan pun mulai dijual secara komersial.

Tak terhitung berapa banyak riset dan dukungan teknik dilakukan pada baja ringan, material ini pun hingga hari ini menjadi bahan konstruksi standar untuk bangunan rumah, hotel, sampai kondominium.

Keuntungan Kaso Baja Ringan untuk Arsitek, Kontraktor, dan Pemilik Bangunan

Sementara itu, ada deretan keuntungan dari penggunaan kaso baja ringan yang dapat dirasakan oleh sang arsitek seperti berikut : 

Tak hanya arsiteknya saja, para kontraktornya juga mendapatkan manfaat berikut ini : 

Material kaya akan bahan zinc dengan harga terjangkau ini rupanya sangat menguntungkan bagi banyak pihak, termasuk pemilik bangunan. Apa sajakah?

Rupanya, untuk mendapatkan material bangunan berkualitas dengan harga kaso baja ringan  lebih hemat harus melalui serangkaian riset hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Apakah anda salah satu pengguna kaso baja ringan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *