Pipa hitam schedule 40 merupakan pipa hydrant yang ketebalannya distandarkan oleh American National Standards Institute (ANSI). Angka 40 menunjukkan bahwa pipa ini dapat menahan tekanan hingga 40 bar. Pipa schedule 40 cukup umum digunakan dalam berbagai industri, berikut beberapa di antaranya.

Konstruksi Rumah dan Gedung

Konstruksi rumah dan gedung seringkali menggunakan pipa schedule 40 untuk mengalirkan air dalam tekanan di bawah 40 bar. Jenis pipa yang digunakan umumnya adalah seamless pipa. Gedung perkantoran juga umum menggunakan pipa ini untuk kebutuhan sumber air, seperti aktivitas toilet atau kamar mandi.

Konstruksi Pabrik Gas

Penggunaan pipa schedule 40 selanjutnya adalah untuk konstruksi pabrik gas. Hal ini karena pipa ini memiliki bentuk yang kaku dan bobot yang lebih berat. Kedua karakteristik pipa schedule 40 ini menjadikannya ideal sebagai penyalur gas, listrik, dan juga air. Penggunaan pipa schedule untuk konstruksi pabrik gas umumnya diberi lapisan tambahan.

Selain itu, penggunaan pipa ini pada konstruksi pabrik gas juga karena sifatnya yang tidak mudah terkena korosi dan tahan terhadap cuaca. Hal ini membuatnya efisien sebagai media untuk menyalurkan gas dan listrik.

Konstruksi Pertambangan Minyak

Pipa schedule dengan diameter tertentu dan kode tertentu juga dapat digunakan untuk konstruksi pertambangan minyak. Fungsi dari pipa ini tentunya untuk mengalirkan minyak, atau mengalirkan limbah hasil dari aktivitas pertambangan minyak. Pipa schedule 40 digunakan pada konstruksi pertambangan minyak karena sifatnya yang anti korosi.

Konstruksi Bangunan yang Memiliki Kanopi

Tidak hanya berfungsi sebagai pipa aliran, namun pipa schedule juga dapat digunakan untuk pembuatan kanopi. Terutama, pipa jenis seamless. Penggunaan pipa pada kanopi dapat menambahkan kesan unik sehingga nilai estetik pun meningkat. Pipa dengan ukuran kecil dapat digunakan untuk menyangga kanopi sehingga lebih kokoh.

Pipa schedule 40 memang lebih umum digunakan pada bidang industri dan pembangunan gedung. Fungsinya pun kebanyakan untuk mengalirkan cairan, seperti air bersih, cairan limbah, atau cairan bahan bakar. Itu tadi adalah beragam penggunaan pipa hitam schedule 40.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *