Salah satu jenis genteng yang paling banyak dicari dan digunakan, oleh masyarakat belakangan ini dan terkenal sebagai genteng ringan dan kuat yaitu genteng metal. Tertarik untuk menggunakan jenis genteng metal tersebut, berikut tips untuk memilihnya :

  1. Material dan ketebalan

Pertama tama, coba cek jenis material yang digunakan oleh genteng ringan dan kuat tersebut. Lalu cek juga tingkat ketebalan dari genteng tersebut, pastikan Anda memilih jenis genteng yang sesuai dengan rekomendasi SNI, dan sesuaikan dengan  kebutuhan.

  1. Tahan cuaca

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan, yaitu daya tahan genteng terhadap cuaca yang ada. Mengingat genteng selalu berada di luar rumah, dan menjadi garda terdepan, untuk melindungi rumah dari terik matahari dan hujan yang mendera. Maka pastikan Anda mencari material genteng, yang tahan terhadap berbagai macam cuaca tersebut.

Akan lebih baik jika genteng berbahan metal tersebut sudah dilapisi dengan pelindung karat, agar genteng tidak mudah berkarat.

  1. Dilihat dari estetika

Ketika Anda memilih genteng, walaupun dari bahan metal, perhatikan juga estetika dari genteng tersebut, mulai dari bentuk genteng dan terutama warna genteng. Tujuannya tidak lain, agar genteng yang akan dipilih kelak, warna dan bentuknya terlihat indah, ketika dipadukan dengan desain rumah yang Anda buat.  

  1. Proses pemasangannya

Cari tahu juga bagaimana proses pemasangan genteng tersebut. Khususnya untuk genteng metal, biasanya dijual dalam bentuk lembaran, dan proses pemasangannya juga sangat mudah. Hanya perlu menggunakan baut, agar genteng mampu bertahan dalam berbagai macam serangan cuaca, dan tidak mudah terbawa angin.

Proses pemasangan genteng baja ringan, terbilang cepat, beberapa ada yang membutuhkan tenaga ahli, namun ada juga yang bisa dipasang sendiri. Anda perlu mempertimbangkan hal ini dengan baik.  

  1. Kualitas genteng  

Hal lain yang jangan Anda lupakan ketika akan membeli genteng yaitu kualitas dari genteng itu sendiri. Sebaiknya pilih genteng yang sudah terbukti kualitasnya, atau setidaknya sudah mempunyai sertifikasi resmi, mulai dari kualitas baja ringan yang digunakan, kualitas bahan pelapis baja ringan, dan yang lainnya.

Jadi bagi Anda yang saat ini ingin membeli genteng ringan dan kuat, ada baiknya jika memperhatikan beberapa informasi di atas. Agar Anda kelak dapat memilih dan membeli jenis genteng yang tepat, sesuai kebutuhan dan pastinya budget yang dimiliki. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *