Banyak orang beli kompor induksi listrik karena terlihat menarik, lebih aman dan tentunya canggih. Namun, jangan asal tertarik beli jika belum siap menggunakannya. Berikut adalah 5 hal penting yang harus Anda ketahui agar tidak kudet pakai kompor modern ini!

Ketahui Besaran Watt yang Dibutuhkan

Hal pertama yang wajib Anda tahun adalah besaran Watt yang dibutuhkan pada kompor induksi sangat besar. Jika rumah Anda tidak bisa sediakan listrik yang cukup, kompor ini tidak akan berfungsi baik. biasanya, kompor ini butuh 1.500-2.000 Watt.

Baca Fitur Nyala Mati Kompor Sebelum Beli

Pada kompor induksi, mati dan nyala alat akan berbeda-beda. Ada yang memiliki fitur otomatis, tapi ada yang menggunakan tombol.

Untuk fitur nyala otomatis, biasanya jika mendeteksi ada alat masak di atas kompor induksi, kumparan panas akan menyala sendiri. Sedangkan untuk fitur yang

Fitur ini penting diperhatikan agar Anda tidak boros listrik. Jangan sampai kompor tetap menyala, padahal Anda sudah tidak menggunakannya.

Berbeda dengan kompor api yang bisa dilihat jika masih menyala. Kompor induksi terkadang tidak menunjukan perbedaan yang menonjol saat posisi mati atau nyala.

Harus Mau Baca Cara dan Aturan Pakai

Penggunaan kompor induksi listrik sangat berbeda dibandingkan kompor gas pada umumnya. Tombol dan panel yang ada di kompor induksi dapat digunakan untuk pengaturan masak yang lebih kompleks.

Sayangnya, fitur modern ini sering membuat penggunanya bingung. Bagi Anda yang ingin beli kompor induksi, wajib baca buku petunjuk atau tutorial fiturnya. Hal ini penting agar Anda lebih lancar pakai kompor modern ini dan bahkan memanfaatkannya lebih baik.

Kompor Induksi Listrik Perlu Alat Masak Khusus

Info seputar alat masak ini sudah umum, tapi masih banyak pembeli kompor induksi lupa seputar ini. Kompor induksi hanya akan berfungsi pada alat masak yang memiliki kumparan panas induksi di bawahnya.

Jika wajan Anda tidak memiliki bentuk spiral ini, ada kemungkinan alat masak tersebut tidak dapat digunakan. Lihat apakah berbagai alat masak yang sudah ada di rumah cocok untuk kompor modern ini.

Bagi yang belum punya alat masak yang cocok untuk kompor induksi, lebih baik beli dulu sebelum beli kompornya. Jangan sampai sudah beli kompor listrik mahal ini, tapi Anda malah tidak bisa pakai nantinya.

Beberapa Masakan Berbeda Cara Membuatnya di Kompor Induksi

Bagi Anda yang sudah biasa membuat resep untuk masakan di atas kompor api, membuat hidangan dengan kompor induksi akan berbeda.

Hal ini berhubungan dengan proses efisiensi energi dan pengaturan panas pada kompor. Jika pada kompor api, pengaturan panas yang tinggi mudah dilihat dari besar api dan warna-nya. Namun, pada kompor induksi, Anda harus perkirakan ukuran dalam bentuk angka.

Jadi, jangan kaget jika hasil masakan bisa berbeda saat pakai kompor yang lebih modern ini. Harus rekayasa ulang resep masak yang sudah biasa Anda gunakan. Wajib uji coba dan sesuaikan cara masak Anda agar lebih lancar pakai kompor induksi ini.

Terima kasih sudah sempatkan membaca, sekian bahasan tentang hal penting yang perlu diketahui agar tidak kudet pakai kompor induksi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *