Prosedur bedah saraf bukanlah hal yang mudah dilakukan dan bisa ditangani oleh setiap dokter spesialis bedah saraf . Untuk itu, Anda tidak boleh sembarangan dan mempertimbangkan dokter yang akan dipakai untuk menangani masalah saraf Anda. Lalu indikator bedah saraf apa saja? berikut penjelasan detailnya:

  1. Bedah Saraf Vaskular

Prosedur bedah saraf ini bertujuan untuk melakukan diagnosis dan pengobatan terhadap penyakit-penyakit saraf yang disebabkan oleh kelainan pada pembuluh darah di dalam otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan arteriovenous malformation (AVM).

Dalam prosedur ini, dokter spesialis bedah saraf akan melakukan intervensi bedah untuk mengidentifikasi, mengurangi, atau menghilangkan masalah pada pembuluh darah otak yang menyebabkan gangguan neurologis pada pasien.

  1. Bedah Saraf Pediatrik

Prosedur bedah saraf pediatrik adalah suatu tindakan medis yang khusus ditujukan untuk mengatasi berbagai macam penyakit atau gangguan saraf yang muncul pada periode bayi dan masa anak-anak.

Di antara kondisi-kondisi yang sering kali ditangani melalui prosedur ini adalah hidrosefalus (penumpukan cairan di dalam otak), tumor otak pada anak, spina bifida (kelainan pada pembentukan tulang belakang), cranial dysraphism (kelainan pada perkembangan tengkorak), serta kraniosinostosis (penutupan dini salah satu jahitan tulang tengkorak).

  1. Bedah Saraf Spinalis

Prosedur bedah saraf spinalis merupakan suatu metode intervensi medis yang dilakukan untuk mengatasi sejumlah penyakit atau gangguan kronis yang terkait dengan tulang belakang.

Dalam prosedur ini, Dr Nur Setiawan Suroto di National Hospital bedah saraf akan melakukan tindakan operasi yang dirancang khusus untuk menangani masalah-masalah tersebut dengan tujuan untuk mengurangi gejala, memperbaiki fungsi, dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

  1. Bedah Saraf Traumatik

Operasi saraf traumatik merupakan tindakan bedah yang ditujukan untuk mengatasi gangguan pada sistem saraf, baik di otak maupun tulang belakang, yang disebabkan oleh cedera.

Contohnya termasuk perdarahan otak, hematoma subdural, hematoma epidural, dan fraktur tulang belakang. Melalui prosedur ini, dokter spesialis bedah saraf bertujuan untuk mengurangi dampak cedera, menghentikan pendarahan atau penumpukan darah yang berbahaya.

Demikian penjelasan mengenai indikator bedah yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf.  Untuk itu, Anda harus mencari dokter yang kompeten agar tindakan yang dilakukan sesuai prosedur, seperti Dr Muhammad faris di National Hospital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *