Besi WF merupakan salah satu material yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Bentuknya pipih memanjang dan jika dilihat dari ujungnya, maka akan tampak terlihat seperti huruf H. Yang paling menonjol dari besi jenis ini adalah kekuatannya. Ya, karena terbuat dari baja dengan proses canai panas, besi WF sangat kuat. Tidak heran, jika ia cenderung difungsikan sebagai penahan atau penarik dalam suatu bangunan.
Menariknya lagi, bisa dikatakan bahwa besi WF ini cukup serbaguna. Tidak hanya bisa digunakan untuk satu jenis bangunan saja, besi jenis ini bahkan disarankan untuk beberapa macam bangunan. Apa sajakah? Berikut ulasannya.
Gedung-gedung Bertingkat
Fungsi utama besi WF memang sebagai bahan fondasi bangunan. Jenis yang satu ini sangat disarankan untuk konstruksi bangunan dengan ukuran besar seperti gedung-gedung bertingkat. Beberapa contohnya adalah gedung-gedung apartemen, rumah susun, kompleks perkantoran bertingkat dan sejenisnya. Apabila digunakan dengan benar dan sesuai prosedur, pemakaian besi WF akan menambah kekuatan bangunan bertingkat tersebut.
Bangunan Berukuran Besar
Tidak hanya bagus untuk bangunan yang bertingkat namun besi WF juga disarankan untuk bangunan berukuran besar menyamping. Ada beberapa jenis bangunan yang memang memerlukan ruangan-ruangan berukuran besar tanpa sekat. Misalnya adalah gedung-gedung perkantoran, pabrik, bangunan untuk industri, kampus dan sekolah, dan masih banyak lagi.
Material Tiang Pancang
Tiang pancang biasanya terbuat dari beton atau mungkin kayu yang berukuran besar. Namun sebagai alternatif, para ahli konstruksi sering menyarankan untuk menggunakan besi WF. Ya, tiang pancang sendiri merupakan tiang-tiang utama suatu bangunan yang tertanam hingga ke kedalaman tertentu di tanah. Karena kekuatannya, besi WF sangat cocok untuk fungsi yang satu ini.
Penguat Bangunan Tahan Gempa
Beberapa wilayah di tanah air memang terkenal rawan gempa. Misalnya adalah di daerah-daerah pesisir pantai atau sekitar gunung berapi. Nah, salah satu cara untuk memperkuat konstruksi bangunan di daerah-daerah tersebut adalah dengan menggunakan besi WF. Besi WF dapat digunakan pada bagian-bagian utama rumah atau bangunan agar tetap kuat serta menjaga material bangunan di sekelilingnya agar tidak mudah roboh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *